Selasa, 25 April 2023

Hewan Ovipar Kekarakteristikan dan Contohnya


HEWAN OVIPAR?

     Kita sering mendengarkan kata hewan ovipar, vivipar, dan ovovivipar tanpa mengenal lebih dalam lagi apa, dan bagaimana sih hewan tersebut. kali ini saya akan membahas lebih dalam lagi tentang hewan ovipar tersebut, berikut adalah penjelasan lengkapnya simak postingan berikut ini. 

 

Semua makhluk hidup di dunia ini pastinya akan mengalami perkembang biakan, baik itu manusia, hewan, dan tumbuhan. secara umum perkembang biakan terbagi menjadi dua yaitu perkembang biakan secara vegetatif dan perkembangbiakan secara generatif. 

Secara singkat perkembangan vegetatif adalah perkembang biakan yang dilakukan tidak disertai proses pembuahan atau tidak adanya peleburan antara sel kelamin jantan dan sel kelamin betina. contoh dari perkembangbiakan vegetatif ini biasanya terjadi pada tumbuhan dan hewan dengan cara perkembangbiakan tunas, membelah diri, fragmentasi, dan partenogenesis

Sedangkan  perkembangan secara generatif adalah perkembangbiakan yang di lakukan dengan mempertemukan sel telur dan sel sperma atau bisa dikatakan dengan cara melakukan perkawinan. contoh dari perkembangbiakan generatif ini terjadi pada manusia dan hewan. salah satu contoh perkembangbiakan hewan secara generatif ini adalah ovipar.

Proses reproduksi perkembangbiakan generatif pada hewan ovipar ini adalah dimulai dari sperma  yang dihasilkan hewan jantan akan membuai sel telur sang betina. Proses pembuahan ini dapat dilakukan di dua tempat yaitu di dalam tubuh yang artinya internal, dan diluar tubuh yang berati eksternal.  


 PENGERTIAN HEWAN OVIPAR

https://pin.it/1WujEkG

     Hewan Ovipar memiliki arti hewan yang berkembang biaknya dengan cara bertelur. Menurut bahasa Ovipar berasal dari kata Ovum yang mempunyai arti bertelur.  Di dalam telur terdapat embrio yang memperoleh makanan dari cadangan makanan yang berada didalam telur tersebut, dan biasanya sang induk akan mnegerami telur tersebut selama kurang lebih 21 hari atau 3 minggu hingga nantinya telur tesebut menetas dan akan lahir spesies yang sama seperti induknya. 

      Hampir seluruh hewan ovipar pastinya akan mengerami telurnya supaya tetap terjaga hangat dan tidak dimangasa oleh hewan lain dan ketika hewan ovipar bertelur, dapat dikatakan sang induk akan betelur dalam jumlah yang tidak sedikit bisa mencapai belasan bahkan puluhan telur.

 

 Ciri dan Karakteristik

https://cdn1-production-images-kly.akamaized.net/

Setiap hewan yang berkembang biak pastinya memiliki ciri dan karakteristiknya sendiri-sendiri begitu pula dengan hewan ovipar, ia memiliki ciri khas tersendiri dari tubuhnya masing-masing. Mengutip dari secara online buku Kelangsungan Hidup Organisme karya Keni Andewi Berikut ciri dan karakterisitk dari hewan ovipar :

  • Tidak memiliki daun telinga 

Semua hewan yang berkembang biakannya dengan cara bertelur tidak mempunyai daun telinga, ini adalah salah satu cara termudah bagi kalian jika masih merasa bingung membedakan antara hewan ovipar dengan hewan lainnya.

  •  Tidak memiliki kelenjar susu

Ketika melihat seorang induk yang bertelur mereka tidak akan menyusui tetapi akan mengerami telurnya, hal itu dikarenakan mereka tidak memiliki kelenjar susu sehingga mereka tidak akan bisa menyusui anak-anak nya nantinya.

  •  Induk akan mngerami telur hingga menetas 

Seperti yang dijelaskan diatas induk mengerami telurnya setelah lahir. Dalam hal ini bukan berati tidak ada maksud dan tujuan. Induk mengerami telur supaya telur-telur tersebut tetap hangat dan terus hidup sampai waktunya menetas.

  • Telur berada diluar tubuh Induknya 

Salah satu ciri-ciri hewan ovipar adalah dengan telur hasil reproduksi dikeluarkan, berkembang di dalam cangkang kemudian menetas di luar perut induknya.

  • Anak yang dihasilkan lebih banyak akan sama persis dengan induknya 

  • Janin dalam telur akan berkembang lebih cepat 
  • Biasanya termasuk kedalam golongan hewan unggas

 

Manfaat Perkembangan dari hewan Ovipar 

Jarang dibahas oleh kalangan banyak orang, ternyata perkembangan hewan ovipar memiliki manfaat tersendiri baik bagi embrio maupun untuk sang induk. berikut adalah manfaat dari perkembangan hewan ovipar  :

  1. Embrio ada yang berada di dalam cangkang dan lebih terlindungi dari lingkungan, misalnya dari cuaca panas maupun cuaca dingin.
  2. Telur kuning yang berada di dalam cangkang dapat dimanfaatkan sebagai makanan untuk embrio.
  3. Amnion yang berada di dalam cangkang bisa berguna sebagai sumber protein dan air.
  4. Embrio dapat terlindungi dari guncangan dan bebatuan.
  5. Cangkang juga dapat melindungi embrio dari predator karena biasanya telur diletakkan di dalam sarang.
  6. Cangkangnya dapat dimanfaatkan sebagai pelindung.
  7. Apabila telur tidak diurus, telur bisa dikembangbiakan oleh manusia dengan berbagai macam metode pengembangbiakan.

 

Macam-macam dan contoh dari hewan ovipar 

Setelah berbagai penjelasan diatas yang dimulai dari pengertian, ciri dan karakteristik, kemudian manfaat sampailah kita pada macam dan contoh dari hewan ovipar. macam macam dari hewan ovipar dapat digolongkan dari kelompok unggas, reptil, ikan dan amfibi.

  1.  Kelompok Unggas 

https://assets.petpintar.com
                                   https://i0.wp.com/starfarm.co.id                         https://i2.wp.com

 Unggas atau yang dikenal dengan bangsa burung adalah kelompok hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur. Faktanya semua bangssa burung ini melakukan pembuahan di dalam tubuh dan mengerami telurnya sampai menetas. beberapa contoh dari hewan ovipar dari kelompook unggas adalah spesies burung, itik, ayam, angsa, kalkun, bebek, pinguin dan lain-lain. 

 

2. Kelompok Amfibi          

https://assets.petpintar.com

kelompok hewan amfibi hidup di dua tempat yakni darat dan air, proses pembuahan pada kelompok hewan amfibi adalah di luar tubuh, ketika betina bertelur di air kemudian  sel telur bertemu dengan sel sperma  dari jantan. contoh hewan ovipar dari kelompok unggas adalah katak, kadal air dan kodok.

 

3. Kelompok Reptil 

https://asset.kompas.com
 
                 
                     
https://asset.kompas.com                                  https://www.greeners.co
Cara perkembangbiakan kelompok reptil adalah didalam tubuh. Hewan jantan dan betina akan melakukan perkawinan dan nantinya dari perkawinan tersebut reptil betina akan bertelur dan menetas menjadi anak reptil. Contoh dari hewan ovipar dari kelompok reptil adalah ular, buaya, kura-kura dan cicak.

                    4.  Kelompok Ikan 

https://pin.it/2nVoZwi

Pada umumnya kebanyakan dari kelompok ikan berkembang biak dengan cara bertelur. Proses pembuahan yang dilakukan diluar dengan diawali ikan betina bertelur dengan jumblah yang sangat banyak kemudian sel telur tersebut akan bertemu dengan sel sperma ikan jantan. dan nantinya akan menetas menjadi ikan kecil. contoh dari hewan ovipar kelompok ikan seperti ikan lele, ikan gurame,ikan mas, ikan cupang, ikan patin dan lain-lain.

 

Perbedaan Singkat antara Hewan Ovipar, Vivipar, dan ovovivipar 

Hewan ovipar bertelur ditutupi dengan cangkang keras untuk menghasilkan anakan. Hewan ovovivipar menghasilkan telur dan menyimpannya di dalam tubuh induknya sampai janin berkembang sempurna dan siap menetas. Di sisi lain, hewan vivipar langsung melahirkan anak-anaknya, agar lebih jelas dengan perbedaannya, simak video dibawah ini.

https://youtu.be/xxmimTl6myo
Sumber video : noviana farida

Kuis untuk mengetahui seberapa paham kamu??

setelah memahami materi yang diberikan di atas,  supaya kamu lebih yakin seberapa paham kamu tentang materi yang sudah dipelajari, kalian boleh sekali mengakses link dibawah ini untuk mengerjakan dan menjawab kuis tentang materi hewan ovipar.

👉   https://forms.gle/foyJTMdoeEL1TMQu7   👈 

setelah kalian menngerjakan kirim jawaban kamu, dan silahkan melihat hasil untuk mengetahui seberapa paham kamu dengan materi hewan ovipar ini.

Sekian dan Terima kasih semoga materi yang diberikan bermanfaat. Sampai Jumpa di lain kesempatan 👋










Referensi 

    Ramadhani, A. 2022.  Perkembangbiakan Vegetatif dan Generatif pada Hewan dan Contoh-contohnya. Online. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6453032/perkembangbiakan-vegetatif-dan-generatif-pada-hewan-dan-contoh-contohnya. Diakses tanggal 11 April 2023.

    Anonim. 2022. Ovipar. online. https://p2k.stekom.ac.id/ensiklopedia/Ovipar#:~:text=Ovipar%20berasal%20dari%20kata%20ovum,%2C%20Ikan%2C%20Katak%2Cserangga. Diakses tanggal 11 April 2023.

    Andewi, K. 2019. Keberlangsungan Hidup Organisme. Online. https://books.google.co.id/books?id=Nbn8DwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false. Diakses tanggal 11 April 2023.

  Ilahiah, Y. C. S. 2021. Hewan Ovipar: Pengertian, Jenis, Beerta Contohnya. Online. https://www.gramedia.com/literasi/hewan-ovipar/. Diakses tanggal 11 April 2023.

  Sabat, O. 2021. Cara Kembang Biak Ovipar, Ini Ciri-ciri Dan Contohnya. Onlinne. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5751931/cara-kembang-biak-ovipar-ini-ciri-ciri-dan-contoh-hewannya. Diakses tanggal 11 April 2023.






Aqmalia Dinar Fitrianisa/220121604562/A2A



 

 

 

 

 

 




 

 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar